You are currently viewing Waspadai Overthinking Yang Menjadikan Segalanya Menjadi Rumit

Vakansiinfo – Overthinking (berfikir suatu hal secara berlebihan) merupakan salah satu gejala mental yang harus kita waspadai. Banyak orang yang merasa terlalu sering memikirkan sesuatu yang berlebihan, padahal hal tersebut tidaklah terlalu rumit. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa pada saat mereka ingin melakukan suatu kegiatan atau memilih keputusan akan merasa overthinking. Atas segala kemunginan-kemungkinan yang dapat terjadi pada setiap pilihan yang ada. Yang mengakibatkan menjadi kurang percaya diri atas pilihan yang mereka ambil. Serta membuat kehilangan semangat dan percaya diri menjalankannya.

Gejala ini sebenarnya merupakan hal yang wajar di alami oleh setiap orang. Karena pada suatu momen kita pasti perlu berfikir keras untuk dapat memutuskan suatu pilihan dalam hidup. Namun gejala overthinking yang di maksud adalah gejala pikiran berlebih yang hampir terjadi di setiap saat. Overthinking membuat orang terlalu menimbang antara dampak positif dan negatif dari pilihan yang mereka ambil. Misalnya, “Kalau aku ambil pilihan ini, gimana jadinya nanti?”, “Apakah pilihan yang satunya bisa lebih baik?”. “Tetapi jika aku memilih pilihan yang ini, nanti takutnya malah gak berhasil” dan “Kalau aku tidak mengambil pilihan yang ini akan terlalu beresiko buatku”. Pemikiran tersebut membuat otak menjadi terlalu boros untuk memikirkan sesuatu yang negatif dan menjadi sulit untuk memikirkan sesuatu yang lebih positif.

Baca Juga  Tips Kegiatan Liburan Bersama Anak di Rumah

Dampak yang timbul akibat overthinking yaitu selalu merasa lebih cepat lelah dalam melakukan suatu kegiatan.Di karenakan terlalu memikirkan segala resikonya. Juga menurunkan tingkat percaya diri yang membuat diri sendiri takut untuk membuat suatu keputusan dengan baik. Bahkan overthinking dapat menghambat seseorang untuk berkembang dan khawatir akan diri sendiri di masa depan.

Berikut beberapa cara sederhana untuk mengurangi tingkat overthinking yang bisa kita lakukan:

Menulis masalah yang selalu terpikirkan

Menulis apa yang di pikirkan dapat membuat kita mengetahui seutuhnya apa masalah yang terus menerus mengganjal di dalam pikiran kita. Agar masalah tersebut tidak berulang-ulang di dalam pikiran. Sehingga kita bisa merangkum dan berfikir lebih lanjut untuk mencari solusi secara perlahan dari masalah tersebut. Hingga dapat terselesaikan atau memilah pemikiran tersebut dari yang penting dan tidak penting. Selain itu menulis juga membantu diri menjadi lebih tenang karena merasa telah mencurahkan segalanya dalam bentuk tulisan.

Lakukan aktivitas fisik kecil walau hanya sebentar

Coba lakukan sesuatu yang ringan dan berusaha fokus secara penuh untuk menyelesaikannya. Misalnya membersihkan kamar dan menata rapih seluruh barang barang sesuai keinginan. Upaya ini bertujuan agar kinerja otak berfokus terhadap pengendalian seluruh pergerakan tubuh yang sedang di lakukan. Cara ini ampuh untuk melupakan masalah yang terus berganjal di dalam otak. Mengerjakan aktivitas fisik juga bermanfaat menyalurkan emosi negatif yang ada di dalam diri menjadi tenaga mengerjakan sesuatu. Setelah selesai mengerjakan aktifitas tersebut maka akan muncul perasaan yang lega karena kita telah berhasil menyelesaikan aktivitas fisik dengan baik.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Monstera Mudah Dan Sederhana

Buat jadwal aktivitas yang menyenangkan

Cara ini memungkinkan otak kita bekerja memikirkan sesuatu rencana yang membuat bahagia dan melupakan sejenak masalah yang sulit terselesaikan. Upaya ini akan lebih baik jika mengajak seseorang untuk ikut beraktivitas bersama. Sehingga kita bisa membagi pikiran dan mendapatkan sebuah referensi permasalah dari sudut pandang orang lain. Yang menghasilkan pikiranmu akan terasa lebih longgar. Dan cara berfikirmu akan lebih jernih karena telah mendapatkan referensi tambahan mengenai masalah yang terus terpikirkan. Sehingga kinerja otak dapat memikirkan segala solusi yang lebih positif akan masalah yang ingin diselesaikan.

(Rev)