You are currently viewing Cara Merawat Cat Doff Sepeda motor

Vakansiinfo – Merawat dan menjaga cat bodi motor berwarna doff tak sesulit yang kita bayangkan. Langkah-langkah utamanya adalah menjaga agar terhindar dari debu dan kotoran.

Berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat bodi sepeda motor dengan warna doff. supaya warna cat tidak cepat pudar:

Jangan langsung di lap

Ketika bodi motor berwarna doff kotor, jangan langsung di lap dengan kanebo atau kain microfiber. Karena kotoran dan debu yang bergesekan pada bodi bisa membuat cat baret halus. Untuk membersihkannya, siram terlebih dahulu seluruh bodi motor dengan air. Kemudian beri sabun pencuci motor. Setelah itu bilas dengan air bersih dan di lap dengan kain microfiber atau kanebo.

Gunakan sabun khusus

Salah menggunakan sabun cuci motor bisa membuat warna doff lebih mudah memudar atau kusam di banding cat warna glossy. Karena itu gunakanlah sabun atau shampo khusus untuk mencuci motor. Sebab sabun khusus pencuci motor memiliki kandungan PH netral yang tak mudah merusak lapisan cat.

Baca Juga  Satu Tahun Wuling Air ev di Indonesia Berhasil Dominasi Pasar Kendaraan Listrik

Gunakan cairan poles water base

Cairan poles wáter base lebih aman bagi cat berwarna doff dan tidak menimbulkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff. Karena cairan khusus warna doff biasanya membuat permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat. Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin bisa di pastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

Gunakan kain halus

Perlu di perhatikan juga, agar menggunakan lap atau kain pencuci berbeda. Untuk mencuci bagian bawah seperti bagian roda dan mesin dengan bagian bodi motor. Tujuannya agar kotoran yang menempel di lap tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang menempel pada lap akan membuat garis-garis halus pada cat motor. Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy. Sehingga di butuhkan kain yang halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Perli di ingat, lap lah bodi motor saat dalam kondisi basah.

Baca Juga  Ketahui Penyebab Bensin Boros Pada Sepeda Motor

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, warna cat doff bodi motor akan tetap terjaga. Selain itu merawat mesin juga harus di perhatikan. Agar nyaman dan aman dalam berkendara.

(Tra)