You are currently viewing Cetak Pemuda Berprestasi Internasional Borneo Youth Camp 2023 Menjadi Inisiasi Pertama Yang Menerapkan Nilai SDGs Di Pontianak Kalimantan Barat

Vakansiinfo – 400 anak muda hadir di Borneo Youth Camp 2023. Program internasional yang di selenggarakan oleh OIC Youth Indonesia, DPD IMM Kalimantan Barat, dan NYC Indonesia. Dengan dukungan dari Asian African Youth Government (AAYG). Eurasian Regional Center of Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF-ERC). Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Kubu Raya. DPP IMM. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kemenko PMK RI. Plasticpay, DPP PPMI, MPR RI. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan anak muda dan mempromosikan keberlanjutan.

Acara pembukaan dan sesi panel telah di langsungkan pada tanggal 12 Mei 2023 di Kalimantan Barat, Indonesia. Para peserta diharapkan membawa 4-5 botol plastik bekas sebagai tiket masuk.

Acara pembukaan di hadiri oleh lebih dari 400 audiens

Yang terdiri dari pemimpin daerah, tokoh masyarakat, akademisi, serta para peserta Borneo Youth Camp 2023. Beberapa tokoh penting yang memberikan sambutan di antaranya:

  • H.E. Muda Mahendrawan – Bupati Kubu Raya
  • H.E. Ahmad Muzani – Wakil Ketua MPR RI

Selain itu, terdapat juga para pemimpin organisasi yang mendukung acara ini, seperti:

  • Ms. Dewi Pramodhawardhani – Project Officer, Borneo Youth Camp 2023
  • Mr. Fadhil Mahdi – Ketua DPD IMM Kalimantan Barat
  • Ms. Astrid Nadya Rizqita – Presiden OIC Youth Indonesia
  • Mr. Vusal Gurbanov – Acting Director General, Eurasian Regional Centre of ICYF
  • Mr. Tantan Taufiq Lubis – Wakil Presiden ICYF dan Ketua Indonesia NYC

Beberapa tokoh penting lainnya yang memberikan sambutan di antaranya:

  • Mr. Abdul Musawir Yahya – Ketua Umum DPP IMM
  • Mr. Irjen Pol Pipit Rismanto – Kepala Kepolisian Kalimantan Barat
  • Mdm. Windy Prihastari – Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat
  • Mdm. Prof. Winarni Dien Monoarfa – Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Energi
  • H.E. Maman Abdurrahman – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI

Para menteri juga turut memberikan sambutan pada acara pembukaan, yaitu:

  • H.E. Ario Bimo Nandito Aritedjo – Menteri Pemuda dan Olahraga RI
  • H.E. Tenten Masduki – Menteri Koperasi dan UKM RI
  • H.E. Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • H.E. Muhadjir Effendy – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
  • Mr. Taha Ayhan – Presiden Islamic Coorperation Youth Forum (ICYF)

Kesempatan untuk belajar dari para pemimpin

Selain itu, para peserta juga akan di berikan kesempatan untuk belajar dari para pemimpin. Dan pakar dalam bidang lingkungan, pembangunan berkelanjutan, dan kewirausahaan sosial. Melalui rangkaian acara yang penuh inspirasi dan bermanfaat. Pada upacara pembukaan nanti, terdapat beberapa keynote speech yang akan di sampaikan oleh tokoh-tokoh penting. Seperti Bapak Muda Mahendrawan – Bupati Kubu Raya dan Bapak Ahmad Muzani – Wakil Ketua MPR RI. Selain itu, ada juga beberapa sambutan penyambutan dari berbagai pihak yang terlibat dalam program ini.

Program Borneo Youth Camp 2023 ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya, DPP IMM, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Juga di dukung oleh Asian African Youth Government (AAYG) dan Eurasian Regional Center of Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF-ERC). Peserta di harapkan membawa 4-5 botol plastik bekas sebagai tiket masuk ke acara ini. Selain itu, mereka juga akan di hadirkan dengan berbagai acara menarik, seperti panel, Focus Group Discussion, dan aksi menanam pohon.

Tiga sesi panel, topik yang sangat relevan dan menantang

Selain serangkaian pidato dari para pemimpin nasional dan internasional. Acara Borneo Youth Camp 2023 juga menampilkan tiga sesi panel yang menarik dan bermanfaat bagi para peserta. Dengan topik yang sangat relevan dan menantang.

Sesi pertama

Membahas topik Green Economy and Entrepreneurship, dengan menghadirkan para ahli dan praktisi bisnis. Yang sukses dalam membangun usaha yang berkelanjutan dan ramah lingkungan salah satunya Plasticpay. Yang di wakili langsung oleh Pak Yan Kurniawan selaku COO Plasticpay.

Dampak Sosial yang telah di lakukan oleh Plasticpay dari tahun 2020 hingga tahun 2023. Setidaknya ada lebih dari 62.380+ Jumlah Transaksi yang di lakukan oleh Plastic Hero Plasticpay. 30+ Kolaborator yang terlibat pada Program Sirkular Ekonomi Bersama Plasticpay. 40.000 Masyarakat telah berpartisipasi pada pemilahan sampah botol plastic atau ekuivalen dengan 77,2 Ton. Sampah Botol Plastik berhasil terpilah dan di daur ulang menjadi Produk Upcycle. Serta telah tersedia 600+ Dropbox, 60+ Reverse Vending Machine Plasticpay di area Jabodetabek, Bandung dan Bali. Ujar Imam selaku Corporate Communication Plasticpay.

Sesi kedua

Adalah Interfaith Dialogue and Leadership for Environment. Yang akan membahas pentingnya dialog antar agama dan kepemimpinan. Dalam mempromosikan keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup. Para peserta akan belajar tentang cara-cara untuk membangun kerjasama yang harmonis antara pemeluk agama yang berbeda. Dan mengembangkan kepemimpinan yang efektif dalam memajukan isu-isu lingkungan hidup.

Sesi ketiga

Adalah Advancing Youth in STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Yang akan membahas cara-cara untuk mempromosikan partisipasi anak muda dalam bidang STEM. Dan mempersiapkan mereka untuk berkarir dalam bidang ini. Para pembicara di sesi panel ini akan berbagi pengalaman mereka dan memberikan saran tentang cara-cara untuk mengatasi tantangan. Yang di hadapi oleh anak muda yang tertarik dalam STEM.

Ketiga sesi panel ini di harapkan akan memberikan wawasan yang bermanfaat. Dan membantu para peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang kompleks di masa depan. Khususnya dalam bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup. Dengan audiens sebanyak 400 orang, acara ini akan memberikan kesempatan yang baik bagi para peserta. Untuk berinteraksi dan belajar dari para ahli dan pemimpin nasional dan internasional yang terkemuka.

Kami berharap bahwa melalui program ini, para peserta dapat memperluas pengetahuan mereka dalam bidang lingkungan. Dan pembangunan berkelanjutan, serta memperoleh pengalaman yang berharga. Dalam membangun hubungan dan jaringan internasional dengan sesama pemuda dari berbagai negara.

(Eff)