You are currently viewing Dorong Energi Bersih, BPH Migas Dukung Pengembangan Gas Pipa Cirebon-Semarang

Vakansi Info – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus mendorong pemanfaatan gas bumi di dalam negeri. Pipa Cirebon-Semarang yang lebih di kenal Cisem, merupakan proyek strategis yang akan menghubungkan ruas pipa di Pulau Jawa.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati saat di temui dalam pendampingan kunjungan kerja spesifik Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/05/2023), menyatakan dukungan penuh pembangunan pipa Cisem dalam mendorong pemanfaatan gas bumi.

“Keberadaan pipa Cisem ini bisa menjadi solusi, mengingat pemanfaatan gas yang kita miliki. Pipa Cisem di bangun tidak hanya memfasilitasi industri, tetapi menyediakan gas dengan harga yang terjangkau kepada masyarakat,” terang Erika.

Lebih lanjut, Erika menambahkan belum adanya pipa yang tersedia di ruas Cisem tersebut. Menyebabkan gas dari Jawa Timur tidak bisa mengalir ke Jawa Barat.

“Sementara gas dari Jawa Timur sudah over supply, tapi tidak bisa dialirkan. Jadi, kami harap Pipa Cisem bisa mengatasi masalah tersebut,” tutur Erika. Kehadiran pipa transmisi gas ruas Cisem sepanjang 60 km ini di proyeksikan memberi dampak pada peningkatan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Hilirisasi Sampah Plastik Menjadi Industri Turunan dikunjungi oleh Kementerian BUMN

Pipa Cisem di Harapkan Dapat Meningkatkan Aksebilitas Masyarakat

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi mengharapkan keberlanjutan proyek di garap secara serius dan optimal.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi

“Pipa Cisem di harapkan dapat meningkatkan aksebilitas masyarakat terhadap gas bumi. Khususnya industri yang sedang berkembang seperti Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, dan Kawasan industri lainnya yang sedang dalam proses perencanaan,” tutur Bambang.

Bambang berharap ketersediaan pipa transmisi ini dapat menumbuhkan perekonomian banyak sektor. “Yaitu sektor rumah tangga, komersil, transportasi, melalui jaringan distribusi gas bumi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji menjelaskan bahwa progress pipa Cisem sampai dengan hari ini mencapai sekitar 90%. “Masih ada 6 titik lagi yang belum di selesaikan. Untuk commisioning, persiapannya sedang dilakukan. Jadi, tinggal 10%, di mana kalau kita sudah menyelesaikan 6 titik tadi, maka prosesnya akan progressnya naik menjadi 100%. Tentunya dengan berjalannya proyek Pipa Cisem Tahap I dan II, kita mengharapkan pemanfaatan energi bersih dan produksi bersih yang meningkat,” ujar Tutuka.

Baca Juga  BPH Migas Hadir di Konawe Selatan, BBM Bersubsidi Perlu Dikawal Bersama

Tampak hadir dalam kunjugan kerja spesifik ini Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi dan Wahyudi Anas, serta Direktur Gas Bumi BPH Migas Soerjaningsih.

(Eff)