You are currently viewing Hari Batik 2 Oktober, Ini Deretan UMKM Batik Binaan Grup MIND ID yang Jadi Go Internasional

Vakansiinfo, Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus berusaha mendukung kelestarian batik nusantara. Hal ini di buktikan dengan hadirnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik binaan anggota MIND ID. Yang berhasil menjual produknya di pasar lokal dan internasional.

Sekretaris perusahaan Heri Yusuf mengatakan anggota MIND ID akan terus memberikan yang terbaik dalam memajukan perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui dukungan untuk para pengrajin batik.

“Grup MIND ID memberikan dukungan penuh untuk para pengrajin batik di sekitar wilayah perusahaan untuk memajukan perekonomian masyarakat.” Kata Heri Yusuf.

Heri Yusuf menyebut ada puluhan UMKM batik yang berhasil menjadi mitra binaan anggota MIND ID. Di antaranya bahkan berhasil memasarkan batik hingga kancah internasional. Contohnya seperti produk UMKM batik binaan PT Antam Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Kolaka. Yang berhasil memproduksi kain tenun batik Sangia Mekongga.

Melalui mitra binaan UMKM miliknya PT Antam mengajak masyarakat lokal di Kolaka untuk memproduksi kain batik dan tenun khas kearifan lokal. Produksi kain batik dan tenun ini tidak hanya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar perusahaan.

Namun juga sebagai bentuk upaya PT Antam untuk melestarikan budaya masyarakat setempat. Yakni peninggalan budaya Kerajaan Mekongga. Dalam kesempatan lain, UMKM batik mitra binaan PT Antam mengikuti Pasar Senggol Turkiye pada September 2023 lalu.

UMKM Batik Binaan Grup MIND ID yang Jadi Go Internasional

PT Antam Tbk membawa UMKM batik mitra binaannya untuk memperkenalkan batik kepada masyarakat Turki. Keikutsertaan UMKM batik mitra binaan PT Antam Tbk dalam ajang internasional ini menjadi pintu pembuka untuk meningkatkan daya saing produk serta menambah relasi dan kesempatan pasar baru.

Serupa dengan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui mitra binaan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) juga berhasil membina pengrajin batik yang di isi oleh ibu-ibu rumah tangga di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. SIBA menghasilkan produk batik lokal khas masyarakat Tanjung Enim bernama batik kujur.

Baca Juga  Gandeng UMKM, KAI Services Luncurkan Program Hidden Culinary
Batik kujur memberikan ciri khas batik Tanjung Enim dengan motif kearifan lokal. Seperti coretan kopi, rumah tengkiang, kujur, dan bunga tanjung. Sementara kujur merupakan senjata tradisional berbentuk tombak peninggalan nenek moyang masyarakat Tanjung Enim.

Ada beragam produk yang di hasilkan SIBA batik kujur. Di antaranya batik kujur ramah lingkungan di buat menggunakan bahan pewarna alami hasil pengolahan tanaman endemik. Selain menjual produk lembaran kain batik, pengrajin pun berinovasi menciptakan produk turunan kain batik seperti baju, topi, kipas, dompet, tas, hingga masker.

PTBA memfasilitasi 12 kelompok SIBA batik kujur melalui penyediaan Gerai Batik Kujur di area SIBA Center. PTBA pun menyediakan sarana prasarana yang di peruntukkan 35 pengrajin batik sebagai salah satu sarana penunjang produksi batik kujur.

Sarana prasarana tersebut berupa rumah produksi batik kujur yang berlokasi di Dusun Tanjung. Adanya rumah produksi tersebut di harapkan dapat menunjang para pengrajin batik kujur dalam menuangkan gagasan, sehingga dapat terus berinovasi dalam menghasilkan produk turunan batik kajur.

Anggota MIND ID PTBA juga mengikutsertakan batik kujur dalam berbagai ajang agar batik kujur di kenal khalayak luas baik secara lokal maupun internasional. Di antaranya, batik kujur di ikut sertakan dalam acara fashion New York Indonesia Fashion Week yang di selenggarakan di Pier 36 Cruise Ship 299, South Street New York, Amerika Serikat, pada Februari 2023.

Anggota MIND ID PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga berhasil memberdayakan produk lokal seperti batik mangrove di Kabupaten Batubara. PT Inalum melakukan pembinaan berkelanjutan untuk kelompok ibu-ibu di pesisir Kabupaten Batubara.

Bersama masyarakat lokal, PT Inalum berhasil membuat batik lokal dengan memanfaatkan mangrove sebagai pewarna alami. Tidak hanya itu, UMKM batik mitra binaan PT Inalum juga berhasil mengembangkan potensi mangrove sebagai produk turunan berdaya saing.

Baca Juga  Perlombaan Desain Batik Resmi Di Tutup, Hasil Terbaik Siap Di Daftarkan Ke Dalam HKI

PT Inalum melalui UMKM mitra binaannya juga berhasil dapat mengedukasi masyarakat lokal untuk memaksimalkan potensi mangrove. Sekaligus melestarikan batik sebagai budaya masyarakat lokal.

Tidak ketinggalan, anggota MIND ID PT Timah Tbk juga berhasil mengembangkan UMKM batik lokal di Bangka Belitung. UMKM batik mitra binaan PT Timah Tbk berhasil memproduksi berbagai jenis batik seperti batik tulis, batik cap, batik kombinasi, dan kain cetak bermotif batik.

UMKM batik mitra binaan PT Timah Tbk juga berhasil menciptakan motif atau corak batik khas Bangka Belitung. Bahkan, batik dengan corak khas Bangka Belitung ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bangka yang laris di buru wisatawan.

Tidak hanya memberikan modal melalui program mitra binaan, PT Timah Tbk juga selalu memberikan dukungan dan membantu memasarkan produk-produk unggulan di berbagai kesempatan sejak 2019 lalu.

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

(Eff)