You are currently viewing NPC Gelar Kejurnas Para-Bulu Tangkis 2023 Lahirkan Atlet Muda Proyeksikan Ke Ajang Internasional

Vakansiinfo, Solo – Sejumlah pemain muda para-bulu tangkis Indonesia menunjukan permainan terbaik dalam Kejuaraan Nasional Para-bulu tangkis 2023. Yang di gagas oleh National Paralympic (NPC) Indonesia di GOR Fakultas keolahragaan Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah pada 06 – 09 Juli 2023.

Dalam pertandingan final tunggal putra SU5, pebulu tangkis unggulan pertama asal Kalimantan Selatan. Odi Putra Nugraha mampu menjadi juara setelah mengalahkan Muhammad Raffi Apriansyah dari Sumatera Utara, dua gim langsung 21-10 21-5.

Nomor tunggal putra SL4 menjadi milik unggulan utama dari Jawa Tengah M. Fajri Ibrahim. Dalam partai puncak, Fajri menang atas rekan satu provinsinya, Febrian Putra Praputra, 21-10 21-12.

Sementara itu pada kategori tunggal putri SU5 dan SH6 yang menggunakan sistem pertandingan round robin. Gelar juara juga berhasil di borong oleh dua pemain asal Jawa tengah, Anisa Fitriani dan Aprilia. Anisa Fitriani memastikan gelar juara setelah meraih angka sempurna dengan tiga poin, berkat tiga kali kemenangan. Anisa mencatat kemenangan masing-masing atas Annisa Kusuma Wardhani (Riau), Puji Rahayu (Jawa Timur) dan Ira Choirotuz Zawaidah (Jawa Timur).

Baca Juga  Hadirnya Training Camp Juventus Academy di Tanah Air Momentum Tepat Sambut Piala Dunia U-17 Mempora Beri Apresiasi

Pesta kemenangan tuan rumah Jawa Tengah

Tuan rumah Jawa Tengah melengkapi pesta kemenangan mereka setelah Aprilia menjadi yang terbaik di tunggal putri SH6. Aprilia menang dua kali masing-masing saat melawan Kustanti Nur Amaliya (Jateng) dan Felisak Garsony (Kalimantan Barat).

Meskipun belum mampu meraih juara di Kejurnas Para-bulu tangkis 2023, namun perasaan senang di tunjukan oleh Felisak Garsony. Atlet berusia 17 tahun asal Kalbar itu sangat bangga bisa di percaya bertanding di ajang nasional ini.

“Saya sangat terkesan bisa mengikuti kejuaraan ini. Untuk tampil di kejurnas, saya melakukan persiapan yang sangat mantap. Saya berharap kedepannya para atlet lebih bersemangat dalam berolahraga dan semangat dalam mengikuti kejuaraan,” kata Felisak.

Perhelatan Kejurnas Para-bulu tangkis ini sangat penting bagi mata rantai pembinaan atlet berprestai. Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Ukun Rukaendi menegaskan bahwa misi utama dari kejurnas ini tentu untuk mencari bibit atlet berbakat dan regenerasi pemain. Karena para-bulu tangkis indonesia harus berlari cepat demi mengejar prestasi internasional.

Baca Juga  Menparekraf Apesiasikan Brand Lokal Evolene Gelar Kompetisi Fitness dan Binaraga Internasional di Jakarta

Nantinya pemain terbaik dari kejurnas ini bisa di proyeksikan untuk tampil di kejuaraan internasional seperti Indonesia Para-Badminton Internasional 2023 yang akan di adakan di Solo pada 4-10 September 2023.

“Jika dari kejurnas ini ada pemain yang memiliki kualitas bagus dan standar bagus, maka NPC akan mendukung mereka untuk tampil di ajang internasional sekaligus memberikan kesempatan bertanding untuk menambah pengalaman,” tambah Ukun.

( *)