You are currently viewing Pelaku Parekraf Meriahkan KTT ke-43 ASEAN Lewat ‘CElebrASEAN Expo 2023’
  • Post author:

Vakansiinfo, Jakarta – Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif turut memeriahkan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN melalui penyelenggaraan ‘CElebrASEAN Expo 2023’. Yang di inisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Di selenggarakan di Skybridge ASEAN, Stasiun MRT ASEAN, pada 06-09 September 2023. CElebrASEAN Expo 2023 bertujuan untuk memperkuat dan meramaikan KTT ke-43 ASEAN. Dengan kegiatan yang relevan, konkrit, dan turut merangsang keterlibatan berbagai entitas, termasuk koperasi, usaha kecil dan menengah (UKM). Serta pelaku ekonomi kreatif baik dari Indonesia maupun wilayah ASEAN lainnya.

Sebanyak 23 pelaku parekraf yang mengikuti ‘CElebrASEAN Expo 2023’ ini. Di antaranya Dapur Mama Eza Rendang; Ahza; Cabilong; Galleries Abata; MAGYS & Ka Ha Su; de’Dessert (Dessert Ibukota); Safaa Craft; Qorychan Handmade; Gandaria Batik Betawi; Ngramu Djamoe; Desa Wisata Keranggan; Desa Saba Budaya; Perkampungan Budaya Setu Babakan; WONDERFUL INDONESIA CO-BRANDING; Soloputri; Si Juki; Bella Bello; Pesona RekseASEAN.

Ada juga Tourism Malaysia; Singapore Tourism Board; Taman Safari Indonesia; ASITA TRAVEL FAIR; dan Jakarta Experience Board.

Salah satu pelaku ekonomi kreatif dengan brand Ahza, Nirahma Hamim, menyampaikan ia sangat antusias saat mendapatkan informasi untuk membuka stand di event CElebrASEAN 2023.

Baca Juga  Negara-negara ASEAN Bekerjasama Dengan Finlandia Untuk Membangun Masa Depan Ekonomi Sirkular
“Kami senang sekali saat lolos kurasi. Dan langsung mempersiapkan produk-produk yang akan di jual,” kata Nirahma

Pelaku Parekraf Meriahkan KTT ke-43 ASEAN Lewat ‘CElebrASEAN Expo 2023’ 1

Ia menjual berbagai produk kerajinan tangan dengan motif yang mengangkat budaya Betawi. Seperti pouch bergambar ondel-ondel, tas bergambar monas, dan sebagainya.
Nirahma berharap melalui CElebrASEAN 2023, produknya bisa di beli dan di sukai oleh para delegasi ASEAN yang hadir.

“Harapannya produknya bisa di gunakan, di manfaatkan, nggak cuma di pajang saja. Karena produk kami bisa di pakai di kantor, di mobil, ini usefull banget. Bisa untuk tempat tisu basah, tisu kering, hand sanitizer. Dan apalagi ini menurut saya unik, karena ada ornamen ondel-ondelnya yang khas, jadi memperkenalkan Jakarta dan budaya Betawi,” kata Nirahma.

Sama dengan Nirahma, pelaku ekraf lainnya dari brand MAGYS & Ka Ha Su, Grace Yurianne. Dengan produk unggulannya kopi, berharap semakin banyak delegasi ASEAN yang bisa berkunjung ke event CElebrASEAN Expo 2023 ini. Sebab, banyak produk ekonomi kreatif yang dapat di beli di sini untuk di jadikan buah tangan, termasuk produk kopi miliknya.

Baca Juga  Indonesia Galang Komitmen Bersama Percepat Transformasi PAUD di Kawasan ASEAN
“Kami ingin kualitas kopi Indonesia bisa di kenal lagi oleh masyarakat di negara-negara ASEAN. Dan produk kopi kami yang compact sekali untuk di jadikan oleh-oleh ini bisa menarik perhatian mereka,” kata Grace.

Sementara itu, pelaku pariwisata dari Desa Wisata Keranggan, Maulana, berterima kasih dengan adanya CElebrASEAN Expo 2023 ini, karena banyak penumpang MRT yang menyampaikan ketertarikannya untuk berlibur ke Desa Wisata Keranggan, desa wisata di tengah kota.

Ia berharap para delegasi KTT ke-43 ASEAN yang tidak memiliki waktu banyak di Indonesia, bisa menyempatkan untuk berwisata di Desa Wisata Keranggan di Tangerang Selatan, Banten.

“Harapan kami para delegasi bisa ke tempat kami, ke Desa Wisata Keranggan, untuk menikmati atraksi-atraksi yang kita tawarkan, salah satunya jungle track, dan susur sungai, dan kalau ingin wisata alam kita ada camping ground, dan ini sangat dekat dari Jakarta,” kata Maulana.

( *)