You are currently viewing Tips Optimasi Website dari Para Pemenang WordPress Championship Niagahoster

Vakansiinfo – Website saat ini sudah menjadi kebutuhan bisnis maupun individu untuk bisa membangun online presence mereka di internet. Dengan banyaknya website di internet, pemilik website tentu ingin pengunjung betah selama mengunjungi website mereka. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kecepatan loading website.

Di lansir dari blog Niagahoster, 53 persen pengunjung akan meninggalkan website jika loadingnya lebih dari tiga detik. Sebanyak 79 persen dari konsumen tersebut pun merasa tidak puas dengan pengalaman mereka ketika mengakses website yang lambat dan tidak ingin lagi mengunjungi website itu.

Kecepatan loading website juga merupakan salah satu faktor ranking Google. Website yang lambat akan sulit untuk meningkat peringkatnya di Google. Sehingga, sulit untuk menarik perhatian pengunjung pada website dan menyebabkan trafik yang rendah.

Mengoptimasi website bukanlah hal yang familiar bagi orang awam dan pebisnis yang baru memulai merambah dunia website tanpa bantuan jasa ahli seperti agency atau jasa pembuatan website. Sehingga, tidak sedikit website yang terlalu berat untuk di buka dan membutuhkan waktu lama untuk memuat semua tampilan dari teks hingga gambar.

Baca Juga  POCO dan AURA Perkenalkan Line Up Pro-player Terbaru Dari AURA Esports Untuk Hadapi Season Selanjutnya

Tips Optimasi Website dari Pemenang WordPress Championship

Dalam rangka menyambut 20th Anniversary WordPress pada bulan Mei 2023. Niagahoster berkolaborasi dengan Devcode, platform coding test untuk mengadakan WordPress Championship. Kompetisi tersebut menantang peserta untuk berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan persoalan website dan WordPress, salah satunya mengoptimasi website.

Bagi Seno Tertiyantono, juara 2 WordPress Championship Niagahoster, optimasi website adalah kegiatan yang menuntut kesempurnaan dan memiliki banyak cara serta banyak versi sesuai dengan preferensi masing-masing.

“Beberapa hal krusial yang bisa di lakukan untuk mengoptimasi website adalah layoutting seefisien mungkin agar kecepatan website tetap terjaga. Kemudian pastikan ukuran gambar yang di letakkan pada website tidak terlalu besar. Karena kadang gambar sembarang di taruh saja tanpa memikirkan size, padahal pengaruhnya besar. Lalu matikan juga fitur-fitur yang tidak perlu,” katanya.

Hal tersebut juga di amini oleh Sahal Mahfud, juara 1 WordPress Championship Niagahoster. Ia menambahkan, perpaduan antara hosting Niagahoster dengan WordPress saja sudah cukup untuk website sederhana bagi bisnis atau individu. Optimasi yang di lakukan hanya perlu dari segi ukuran gambar dan install plugin yang di butuhkan.

Baca Juga  Jajaran Samsung TV 2023 Hadirkan Pengalaman Menonton yang Semakin Wow

Pelajari Optimasi Website Sesuai Kebutuhan

Seperti yang di katakan oleh Seno, optimasi website bisa di lakukan dengan berbagai cara dan sesuai dengan kebutuhan. Ia memulai mempelajari optimasi website secara otodidak hingga ia menemukan cara-cara yang dapat meningkatkan kecepatan website sesuai yang di inginkan.

Sedangkan bagi Trisna Nugraha, juara 3 WordPress Championship Niagahoster. Mengulik website untuk mengoptimasi bisa di barengi dengam membaca artikel atau menonton tutorial di Youtube sesuai kebutuhan. “Saya melakukan optimasi satu persatu. Tiap ada perubahan yang di lakukan, saya cek speednya, lalu jika belum optimal, di ulik lagi dan di optimalkan sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Artikel mengenai optimasi website dapat banyak di temukan di blog Niagahoster untuk berbagai metode yang di butuhkan oleh pengguna website dan WordPress. 3 pemenang WordPress Championship Niagahoster pun telah merasakan sendiri manfaat dari artikel dan tutorial yang di sediakan oleh Niagahoster secara lengkap di berbagai platform.

“Tentunya kompetisi ini juga menjadi ajang untuk mengasah kemampuan sambil menambah ilmu dan pengalaman dari Niagahoster serta peserta lainnya,” tutup Sahal.

(Red)