You are currently viewing Biaya Pendidikan Terus Menanjak, Simak Solusi Pengelolaan Keuangan Berbasis Syariah Bagi Orang Tua

Vakansiinfo, Jakarta – Bagi orang tua, pemenuhan kebutuhan untuk memberikan akses terhadap pendidikan berkualitas bagi anak. Sebagai jaminan cita-cita di masa depan sudah menjadi hal mendasar. Namun, menyusun perencanaan dana bagi sang buah hati tidak lah mudah. Apalagi dengan biaya hidup, termasuk biaya pendidikan yang terus mengalami kenaikan setiap tahun. Melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Terlihat Indeks Harga Konsumen (IHK) biaya pendidikan di Indonesia meningkat sebesar 1,68%. Dari 107,80 pada bulan Juni 2021 menjadi 109,62 pada bulan Juni 2022.

Melihat kenaikan inflasi dari waktu ke waktu. Manajemen keuangan sangatlah penting untuk menyiapkan masa depan yang mapan. Salah satunya melalui pengelolaan dana berbasis Syariah. Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia menuturkan. “Pengelolaan keuangan Syariah merupakan pilihan yang relevan bagi masyarakat. Untuk mencapai kebebasan finansial sejak dini melalui berbagai produk tabungan, investasi serta proteksi. Di era modern ini, orang tua tidak perlu khawatir. Karena mereka dapat mengatur keuangan keluarga sesuai dengan prinsip Syariah. Untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga. Pendekatan Maybank Shariah Wealth Management (Maybank SWM) yang mengadopsi konsep life journey. Yaitu creation, accumulation, protection, purification dan distribution menjadi bagian penting dalam mengelola kekayaan sesuai dengan prinsip keuangan Syariah.”

Perencanaan dana pendidikan anak

Jika ingin memulai perencanaan dana untuk pendidikan anak. Langkah pertama yang efektif di lakukan adalah membuka rekening tabungan. Maybank Indonesia telah menghadirkan Maybank Tabungan U iB berakad Mudharabah. Yang memberikan keleluasaan bagi nasabah Nasabah dalam menyisihkan dana. Dan mencapai kebutuhan finansial di masa mendatang dan memberikan banyak kebebasan biaya-biaya. Seperti bebas biaya tarik tunai 30x di ATM Bank lain, 10x bebas biaya transfer antar Bank dan bebas biaya admin. Tak hanya itu, demi menjawab tantangan zaman di era digital saat ini. Seluruh aktivitas keuangan Maybank Tabungan U iB juga dapat di akses secara digital. Melalui M2U ID App/Web, sehingga memudahkan Nasabah untuk mengatur dan mengendalikan dananya.

Baca Juga  NYALA-kan Auto Cuan Transaksi di Dalam dan Luar Negeri Untuk Bisa #FinanciallyFit, Bank OCBC NISP Luncurkan NYALA Kartu Kredit dan NYALA Global Debit

Cara lain yang juga dapat di lakukan adalah investasi berbasis Syariah dengan tujuan pendidikan. Investasi dalam konteks Maybank SWM merupakan bagian dari creation yang mengacu pada penciptaan nilai tambah. Para orang tua dapat mengatur investasi yang di inginkan berdasarkan profil risiko. Dan jangka waktu yang sesuai dengan perencanaan dana pendidikan. Melalui fasilitas Maybank Rekening Dana Nasabah (RDN) Syariah. Calon investor dapat memaksimalkan hasil manfaatnya lewat pembelian instrumen saham. Atau efek yang terintegrasi melalui aplikasi online trading Maybank Trade dari PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas).

Tidak kalah penting adalah perencanaan dana pendidikan melalui asuransi jiwa berbasis Syariah. Hal ini merupakan bagian untuk perlindungan harta dan kekayaan dari risiko yang tidak di inginkan atau kerugian. Pastikan asuransi tersebut memberikan perlindungan finansial saat pemilik polis tertimpa resiko. Seperti meninggal dunia atau kecelakaan, sehingga dana dapat di gunakan untuk menanggung kebutuhan hidup dan pendidikan anak.

Kombinasi perlindungan jiwa

MyProtection Bijak II dari Maybank Indonesia merupakan produk asuransi Syariah yang menyediakan kombinasi perlindungan jiwa. Dengan 13 pilihan manfaat tambahan, sekaligus investasi yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. MyProtection Bijak II juga akan membayarkan manfaat meninggal dunia kepada penerima manfaat berikut. Dengan penambahan nilai investasinya. Selain itu, MyProtection Bijak II juga telah mengintegrasikan fitur wakaf. Sehingga Nasabah dapat secara langsung memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui wakaf. Hal ini memberikan dimensi purification yang lebih dalam dalam pengelolaan keuangan Syariah. Di mana Nasabah tidak hanya melindungi kekayaan, tetapi juga berkontribusi dalam upaya pemberdayaan sosial dan amal.

Baca Juga  NYALA-kan Auto Cuan Transaksi di Dalam dan Luar Negeri Untuk Bisa #FinanciallyFit, Bank OCBC NISP Luncurkan NYALA Kartu Kredit dan NYALA Global Debit

Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia juga menjelaskan. “Sebagai peraih penghargaan UUS Terbaik untuk kategori Pertumbuhan Bisnis dan Digital. Serta pemain utama di pasar Syariah Indonesia berdasarkan media Asian Banker 2021. Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (UUS) selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan. Yang membantu Nasabah mewujudkan kesejahteraan dan membangun masa depannya. Di lengkapi dengan 355 jaringan cabang di tanah air serta akses terhadap perbankan digital. Melalui M2U ID App / Web, kami akan terus menghadirkan produk dan proposisi Syariah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.”

Kenali lebih lanjut solusi keuangan Syariah dari Maybank Indonesia untuk kebutuhan keluarga Anda pada tautan ini: www.maybank.co.id/syariah

(Mur)