You are currently viewing Pelindo Berkolaborasi Bersama Plasticpay Wujudkan Sirkular Ekonomi Pada Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Vakansiinfo, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo resmi melakukan kerjasama strategis dengan PT. Plasticpay Teknologi Daurulang (PLASTICPAY) pada Sabtu (10/06/2023) lalu. Melalui Program Sirkular Ekonomi dalam rangka momentum Hari Lingkungan Sedunia 2023 di beberapa titik strategis DKI Jakarta.

Pelindo sangat mengapresiasi Program Sirkular Ekonomi yang berhasil di wujudkan dengan bekerjasama Plasticpay melalui Penyediaan Dropbox dan Reverse Vending Machine (RVM). Karena sejalan dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. Pelindo mendukung sepenuhnya komitmen pemerintah Indonesia dalam menangani pemanasan global dan perubahan iklim. Apalagi, sebagai korporasi yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan dan logistik. Perseroan berpotensi besar terdampak negatif akibat pemanasan global dan perubahan iklim. Pemanasan global akan menyebabkan es di kutub utara mencair dan memicu kenaikan permukaan air laut. Sehingga wilayah atau bangunan yang berada di kawasan pantai berpotensi terendam, bahkan tenggelam.

Pelindo bersama Plasticpay berhasil melakukan aksi penyelamatan lingkungan hidup melalui Penyediaan Fasilitas Pengumpulan Sampah Botol Plastik. Berupa 1 Titik Reverse Vending Machine yang berlokasi di Pelindo Tower serta 5 Titik Dropbox Plasticpay di Gedung Pelindo Regional 2. Terminal Penumpang Priok, Lagoa, RS Pelabuhan, dan Masjid Al-Khadamuttaqwa di wilayah Jakarta Utara.

Baca Juga  Buang Plastik Di Bikin Asik, Grab-Ovo x Plasticpay x Lawson luncurkan Mesin RVM Tukar Botol Jadi Cuan Yang Berlokasi Di Lawson Cipete

Tidak hanya itu, Bentuk Tanggung jawab dari Aksi Penyelamatan Lingkungan Hidup melalui Kerjasama Strategis antara Pelindo dan PLASTICPAY. Adalah dengan mengajak seluruh karyawan Pelindo seperti salah satu Insan Pelindo yang bernama Fitria Widya Utami mau terlibat melakukan pemilahan sampah botol plastik. Dan di tukarkan langsung ke Reverse Vending Machine (RVM) ataupun Dropbox Plasticpay menjadi meaningfull reward. Ujar Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication, Plasticpay.

Seperti apa meaningfull reward yang di tukarkan tiap sampah botol plastik yang berhasil di pilah ke RVM ataupun Dropbox Plasticpay ?

Tiap penukaran sampah botol plastik jenis PET yang berhasil di tukarkan melalui Reverse Vending Machine (RVM) dan Dropbox Plasticpay. Berupa Plasticpay Poin yang bisa di tukarkan menjadi E-Wallet. Jejak Karbon yang terkurangi, Lahan yang terselamatkan dari bahaya sampah botol plastik yang sulit terurai. Hingga sampah botol plastik yang berhasil di kumpulkan akan di daur ulang menjadi bahan baku seperti FELT dan FUR. Yang nantinya bahan baku tersebut akan di kreasikan oleh UMKM Indonesia menjadi End Product kepada Konsumen secara langsung. Ujar Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication, Plasticpay.

Baca Juga  Inspiratif, Pemuda Ini Terapkan Less Waste Event Pada Acara BBQ Party di Rawalumbu, Kota Bekasi

Melalui kerjasama multi-stakeholder antara Pelindo dan Plasticpay. Harapannya adalah mempercepat akselerasi Program Dekarbonisasi Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang. Karena telah sesuai dengan SDGs no.12 (Responsible Consumption & Production) dan SDGs no.17 (Partnership for The Goals).

(Eff)