You are currently viewing Candi Prambanan Keajaiban Arsitektur Hindu Klasik

Vakansiinfo – Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan sejarah yang menakjubkan di Indonesia. Terletak di kawasan Prambanan, dengan alamat Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Candi ini merupakan bagian dari kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Candi Prambanan menawarkan keindahan arsitektur yang megah serta menyimpan kisah legenda yang menarik.

Sejarah dan Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan, di kenal juga dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Di dirikan pada abad ke-9 Candi ini di bangun sebagai penghormatan kepada Trimurti. Yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu kala itu.

Selain sejarahnya yang kaya, candi ini juga di kenal dengan legenda Roro Jonggrang yang menarik. Menurut legenda, candi ini di dirikan oleh seorang bernama Bandung Bondowoso. Ia jatuh cinta kepada putri Roro Jonggrang dan meminta dia untuk menikahinya. Namun, Roro Jonggrang tidak ingin menikah dengan Bandung Bondowoso.

Untuk menghindari pernikahan itu, Roro Jonggrang menantang Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi dalam semalam. Bandung Bondowoso hampir menyelesaikannya dengan bantuan roh-roh gaib. Namun Roro Jonggrang mengelabui raksasa tersebut dengan membakar jerami dan membangunkan ayam jago untuk menandai pagi hari. Akibatnya, Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan tugasnya dan kemarahannya menyebabkan dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi terakhir dalam seribu candi yang di bangunnya.

Baca Juga  Destinasi Wisata Terbaru Yang Lagi Viral, The Nice Park Rumpin Bogor Manjakan Keluarga Dan Anak-anak

Candi Prambanan Keajaiban Arsitektur Hindu Klasik

Arsitektur Megah Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang memukau dengan gaya khas Hindu klasik. Terdiri dari tiga candi utama yang menghadap ke timur dan di kelilingi oleh 224 candi perwara (pendamping). Candi utama, yang juga di sebut candi agung, di dedikasikan untuk memuja Dewa Siwa. Sedangkan candi perwara di tujukan untuk memuja dewa-dewa lain dalam agama Hindu.

Setiap candi memiliki ukiran-ukiran yang indah dan detail, menggambarkan cerita-cerita epik Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata. Arsitektur yang presisi dan kerapian ukiran menjadi bukti kecakapan pengrajin zaman dulu dalam menciptakan karya seni monumental yang masih bertahan hingga saat ini.

Keindahan dan Keunikan

Candi Prambanan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan para peneliti sejarah. Selain menawarkan pemandangan arsitektur yang menakjubkan. Candi ini juga menjadi tempat yang menarik bagi para peneliti arkeologi untuk menggali lebih dalam tentang sejarah dan kehidupan pada masa lalu.

Ketika matahari terbenam, suasana di sekitar Candi menjadi lebih magis dengan penerangan yang indah dan suasana yang tenang. Pengunjung dapat menikmati momen berjalan-jalan di sekitar candi sambil menikmati keindahan senja dan kemegahan arsitektur candi.

Baca Juga  Refleksi dari Event Lari Lintas Alam "Trail of The Kings Zero Edition": Merayakan Kekayaan Budaya dan Keindahan Danau Toba Lewat Kompetisi Lari Kelas Dunia

Penting untuk terus menjaga dan melestarikan Candi Prambanan agar tetap lestari bagi generasi mendatang. Pemerintah dan pihak terkait bekerja sama untuk merawat candi ini dan melindunginya dari kerusakan akibat faktor alam atau manusia.

Kesimpulan

Candi Roro Jonggrang merupakan perwujudan keajaiban arsitektur Hindu klasik yang megah dan penuh kisah legenda. Dengan sejarah dan legenda yang menarik, candi ini menarik minat wisatawan dan peneliti dari berbagai belahan dunia. Keindahan candi dan kompleksnya yang luas menawarkan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Serta menjadi bukti kebesaran peradaban masa lampau. Konservasi dan pelestarian candi ini adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan keindahannya tetap di nikmati oleh generasi masa depan.

(Mur)