You are currently viewing DKI Jakarta Terbaik I pada Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023

Vakansiinfo. Jakarta – Kemendikbudristek melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Menggelar Malam Penganugerahan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023 di Jakarta pada Jumat (29/09/2023). Kemendikbudristek menetapkan Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta, yaitu Muhammad Rifai Hasbi dan Dina Azza Nuraqila sebagai Terbaik I Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz. Menuturkan bahwa peran generasi muda dalam pembinaan dan penggunaan bahasa Indonesia di tengah gempuran bahasa asing sangat penting. Untuk itu, pemilihan Duta Bahasa mulai dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat nasional menjadi forum pencarian identitas diri bagi generasi muda dalam mengembangkan sikap positif berbahasa.

“Mulai tahun ini kami ingin bekerja sama dengan Duta Bahasa, baik pada tingkat nasional maupun tingkat provinsi untuk memberdayakan masyarakat. Mereka kami beri tugas untuk membina para aktivis di sekolah,” ujar Aminudin Aziz.

Sejak 2006 Badan Bahasa menyelenggarakan pemilihan duta bahasa untuk melahirkan kader-kader muda. Yang siap menerjemahkan dan menyelaraskan cita-cita pemuda angkatan 1928. Dalam tindakan nyata sesuai dengan dinamika perkembangan zaman. Tahun ini, pada tingkat nasional sebanyak 62 peserta (31 pasang duta bahasa) dari 31 provinsi. Mengikuti pembekalan secara daring dan mengikuti final pemilihan secara luring.

Pada kegiatan pembekalan di berikan materi tentang kebijakan kebahasaan dan kesastraan. Peran duta bahasa sebagai mitra pelaksana program Badan Bahasa. Pengutamaan bahasa negara di berbagai ranah, revitalisasi bahasa daerah, serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Selain itu, di berikan materi mengenai teknik wicara publik, penulisan artikel kebahasaan dan kesastraan, serta pembuatan konten kebahasaan dan kesastraan di media sosial.

Setelah mengikuti pembekalan, para peserta mengikuti pemilihan dengan melalui beberapa tahap penilaian. Yang meliputi penilaian teknik wicara publik, kemampuan berbahasa asing. Presentasi laporan krida kebahasaan dan kesastraan, kepribadian dan psikologi, penampilan seni budaya, konten kebahasaan dan kesastraan, serta artikel kebahasaan dan kesastraan. Dari penilaian tersebut, di tetapkan sepuluh pasang finalis yang menjadi pemenang terbaik I—VI dan pemenang harapan I—IV. Sementara itu, untuk menentukan pemenang favorit, sepuluh pasang finalis di beri pertanyaan oleh juri kehormatan, yakni Erina Gudono (Putri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2022). Chatarina Muliana (Inspektur Jenderal Kemendikbudristek), dan E. Aminudin Aziz (Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa).

“Mari, kita dukung program pemilihan duta bahasa karena mereka nantinya akan menjadi para pengganti kita pada masa depan. Dan akan menjadi teladan bagi masyarakat. Mereka akan memiliki tanggung jawab dengan predikat duta bahasa dan menjadi mitra para pemerhati bahasa, baik di dalam maupun di luar Badan Bahasa,” tutur Aminudin Aziz.

Baca Juga  JIP Tingkatkan Aksesibilitas Informasi Bagi Warga Jakarta Dengan Penyiaran Publik Luar Ruang Berbasis Digital

Erina Gudono menuturkan bahwa melalui pemilihan duta bahasa, baik pada tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Generasi muda di arahkan untuk menanamkan Trigatra Bangun Bahasa. Yaitu mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Dalam hal ini, generasi muda di ajak untuk berwawasan global, tetapi tetap berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila.

“Generasi muda di arahkan untuk mempertahankan budaya luhur, jati diri, dan identitasnya. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa daerah, tetapi tetap berpikir terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, termasuk bahasa asing,” ucap Erina.

Sesuai dengan program Merdeka Belajar: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Para duta bahasa di harapkan mampu menjadi ujung tombak peningkatan literasi masyarakat melalui program-program inovatif yang di laksanakan melalui ikatan duta bahasa.

“Duta bahasa di harapkan mampu membuat fondasi dengan berbagai pihak. Antara lain para pegiat bahasa dan LSM yang bergerak pada bidang kebahasaan, termasuk juga sekolah dalam rangka menggalang kekuatan untuk melaksanakan gerakan literasi,” ujar Erina.

Baca Juga  Para Pelaku Produk UMKM Turut Ramaikan Pasar Murah Jaktim

Pemenang Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023

Pada Malam Penganugerahan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2023. Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta terpilih menjadi pemenang terbaik I dan berhak mendapat hadiah masing-masing sebesar Rp12.000.000,00. Selanjutnya, terbaik II di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Bali (I Wayan Windi Artha dan Ni Putu Elsinthia Suryaningsih); terbaik III di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Muhammad Ade Safri Salampessy dan Anindita Brataningdyah); terbaik IV di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Tegar Satya Prahara dan Jovita Anmaria Cahya); terbaik V di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Sumatra Barat (Syarif Ardiansyah dan Salsabila Amanda Putri); dan terbaik VI di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Banten (Syafiq Ali Fadlul Rahman dan Early Melati Daliilah Putri).

Sementara itu, pemenang harapan I di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Jawa Barat (Gaizzka Metsu Wilsensa dan Fadiatus Salamah), harapan II di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Muhammad Luthfi Thahir Yamani dan Arianti); harapan III di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Jambi (Alfan Suseno dan Rizda Choyrin Nizwa); dan harapan IV di raih oleh Duta Bahasa Provinsi Lampung (Yogi Era Reforma dan Rifa Nabilah Putri).

Selanjutnya, yang terpilih menjadi Duta Bahasa Favorit Putra 2023 dan Duta Bahasa Favorit Putri 2023 adalah Tegar Satya Prahara dari Provinsi Jawa Tengah dan Salsabila Amanda Putri dari Provinsi Sumatra Barat.

(Mur)