You are currently viewing Duta Baca Indonesia Dorong Literasi Di Semarang: Pentingnya Peran Keluarga Dan Pergeseran Kebiasaan Membaca

Vakansiinfo – Meski memiliki keterbatasan, Duta Baca Indonesia Gol A Gong tidak kehilangan semangat dan meyakini bahwa dengan membaca buku, pikiran akan selalu terisi dan berfokus pada segala impian yang ingin di capai, bukan pada sesuatu yang tidak bisa di capai.

Hal ini di sampai kan Gol A Gong sebagai prolog mengawali Bincang – Bincang Literasi bersama Duta Baca Indonesia di Jawa Tengah, Rabu, 29 Mei 2024 lalu.

Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Semarang, Tirta Nursari, mengakui bahwa sebagian masyarakat kurang berminat dengan kegiatan membaca. Apalagi dengan kemudahan teknologi digital yang sudah memudahkan segala aktivitas manusia.

“Di sini kemudian peran lingkungan terkecil, yakni keluarga, menjadi penting sebagai modal utama dalam membentuk kebiasaan membaca anak sejak dini.” Tutur Nursari.

Tirta justru menaruh harapan agar kelak suatu karya literasi bisa di hasilkan di usia anak – anak. Ini selaras dengan program literasi keluarga yang sedang gencar ia kampanye kan.

“Ya, seseorang dapat menghasil kan karya (buku) jika sering membaca. Karena dari situ, dia akan memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Dan itu modal dasar dalam menulis.” Jelas CEO SIP Publishing, Indra Gunawan.

Baca Juga  Bendung Buta Literasi, Daya Putra Bangsa Bangun Budaya Gemar Membaca, Senang Menulis Dan Berani Bercerita

Maka itu, pihak nya bekerja keras mendorong masyarakat Jawa Tengah untuk berlomba – lomba menuliskan gagasan dan ide kreatif nya menjadi sebuah karya abadi.

(Eff)