You are currently viewing Nasi Lengko Cirebon Makanan Tradisional Jawa Barat Yang Menggugah Selera

Vakansiinfo – Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang memperkaya ragam cita rasa Indonesia. Salah satu makanan tradisional yang patut di acungi jempol adalah Nasi Lengko, makanan khas Cirebon, Jawa Barat yang menggugah selera dan menyajikan kenikmatan tersendiri.

Nasi Lengko berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Kata “lengko” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “campur” atau “di campurkan”. Makanan ini sudah menjadi bagian dari tradisi kuliner Cirebon sejak lama dan populer di kalangan masyarakat setempat.

Bahan dan Cara Pembuatan Nasi Lengko

Nasi Lengko terdiri dari nasi putih yang di sajikan dengan campuran berbagai bahan pelengkap. Yang membuatnya begitu lezat. Bahan-bahan utama yang di butuhkan untuk menyajikan Nasi Lengko antara lain:

  1. Nasi Putih sebagai dasar hidangannya. Nasi ini di sajikan hangat dan merupakan elemen utama dalam sajian Nasi Lengko.
  2. Tauge yang merupakan bahan penting tidak boleh terlewatkan dalam Nasi Lengko. Tauge segar yang di gunakan memberikan rasa renyah dan kerenyahan pada hidangan.
  3. Tahu dan Tempe di goreng hingga garing dan di sajikan dalam potongan kecil. Mereka menjadi sumber protein dalam makanan ini.
  4. Mentimun yang di potong kecil-kecil.
  5. Daun kucai di potong-potong kemudian di sajikan sebagai salah satu bahan pelengkap.
  6. Bumbu Kacang menjadi saus khas yang sangat penting dalam hidangan ini. Bumbu kacang terbuat dari kacang tanah yang di giling halus, campuran gula merah, bawang putih, cabai, dan garam.
  7. Kecap yang memberikan sentuhan rasa yang khas.
  8. Kerupuk Seperti kebanyakan makanan Indonesia, Nasi Lengko juga di sajikan dengan kerupuk sebagai pendamping yang memberikan sensasi gurih saat di santap.
Baca Juga  Wayang Golek, Keindahan Seni Boneka Kayu dari Nusantara

Nasi Lengko di sajikan dengan cara unik dan menarik. Biasanya, nasi putih di letakkan di bagian bawah piring. Di atas nasi, di tambahkan tauge, daun kucai, mentimun, tahu, dan tempe yang telah di goreng. Kemudian, hidangan ini di siram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih serta kecap. Untuk tambahan cita rasa, ditambahkan juga kerupuk sebagai pelengkap.

Menggoyang Lidah dan Melambungkan Rasa

Kombinasi rasa gurih dari bumbu kacang dan kecap, serta gurih dari tauge dan tempe. Dan renyahnya kerupuk membuat Nasi Lengko menjadi hidangan yang unik dan menggugah selera. Rasanya yang lezat dan beragam tekstur bahan pelengkapnya, membuatnya menjadi makanan yang sangat di gemari oleh masyarakat Cirebon dan juga wisatawan yang mencoba kelezatannya.

Tidak hanya menjadi makanan khas Cirebon, Nasi Lengko juga telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Membawa keunikan cita rasa kuliner Jawa Barat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner.

Setiap suapan Nasi Lengko membawa cita rasa Indonesia yang kaya dan kenangan akan keanekaragaman kuliner Indonesia. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Cirebon. Atau daerah lain yang menyajikan Nasi Lengko, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatannya.

Baca Juga  Menggali Keajaiban Sejarah di Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur

(Mur)