You are currently viewing Sandiaga Uno Nikmati Jus Anggir Kreasi Siswa SMKN 1 Simanindo

Vakansiinfo, Samosir – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kreasi dan inovasi dari siswa SMKN 1 Simanindo. Yang menghadirkan produk ekonomi kreatif kuliner Jus Anggir. Menparekraf Sandiaga Uno dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Sumatra Utara menghadiri workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif. Yang berlangsung di Gedung Serbaguna Sopo Bolon HKBP Pangururan, Kamis (20/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf berkesempatan mencicipi minuman jus anggir yang terbuat dari buah jeruk purut khas Samosir, yaitu Anggir yang di tambah daun mint.

“Ini jus apa ini? Wah enak sekali ini. Ini mojito, ya?” tanya Sandiaga.

Menanggapi pertanyaan Sandiaga, Kepala Sekolah SMKN 1 Simanindo, Perri Sagala, mengatakan. Minuman ini merupakan racikan asli siswanya yang di beri sentuhan modern. Serta telah di luncurkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir.

“Ini menjadi produk karena kita mencintai kearifan lokal, Pak. Yaitu anggir atau jeruk purut yang nantinya targetnya ke (wisatawan) internasional,” kata Perri.

Sandiaga mengungkapkan kehadiran produk ini merupakan bentuk penerapan inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Dari pelaku ekonomi kreatif dan pemerintah setempat dalam mengembangkan sektor parekraf.

Baca Juga  JIP Dukung UPRS VI Gelar Pelatihan & Bazar UMKM Rusunawa Jakarta, Perkuat Ekonomi Lokal

Dalam kegiatan ini Sandiaga di dampingi Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto. Serta Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto.

Turut hadir pula Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony. Juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho.

( *)